Pengalaman Bersekolah di SMPN 1 Magetan


Hola.. kali ini aku akan berbagi cerita tentang pengalaman saat bersekolah di SMP Negeri 1 Magetan. SMPN 1 Magetan atau biasa disingkat SNESMA merupakan salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Magetan. Berlokasi di Jl Kartini no 4, SNESMA berada di kawasan pusat kota, tepatnya arah selatan dari alun-alun Magetan. Di sekolah inilah selama kurang lebih dua setengah tahun aku menuntut ilmu. Yap, sekarang aku masih bersekolah disini, menjadi siswa kelas 9, yang sekarang tengah menghadapi ujian akhir semester 2.
Aku dan teman-teman seangkatanku merupakan generasi pertama di Kabupaten Magetan yang memakai kurikulum 2013 atau bisa disingkat K13. Sebagai generasi pertama tentu aku menemui kesulitan, seperti tuntutan bahwa siswa harus lebih aktif dalam kegiatan belajar di kelas. Karena bakat bawaan dari sekolah dasar dulu dimana aku hanya diam mendengarkan guru menerangkan, tentu K13 terasa berat.

Sebagai generasi pertama K13, aku memulai masa putih biru di kelas 7J. Pada awalnya memang sedikit canggung ketika akan berkomunikasi dengan teman baru yang memang ketika di sekolah dasar dulu berbeda sekolah. Namun, lama-kelamaan mulai terbiasa dengan teman dan suasana kelas yang baru. Banyak sekali pengalaman yang kudapatkan saat berada di kelas 7J. Mulai dari pernah hampir disuruh sumpah pocong hanya karena satu kelas tidak ada yang mau mengakui bahwa dirinya membuat sampah tisu lewat jendela (memang K13 berbasis sikap, jadi kami dituntut harus jujur), hingga pengalaman menjadi juara dalam lomba kebersihan kelas dengan predikat kelas terkotor :v, dan masih banyak lagi pengalaman lainnya. Namun, tak berselang lama aku harus naik ke kelas 8.
Tepat saat setelah ujian akhir semester 2 dan sedang menikmati masa liburan aku mendapat foto yang berisi daftar nama dari siswa dan siswi yang akan mengisi masing-masing ruangan kelas 8.  Ternyata aku akan mengisi ruangan dari kelas 8J. Sebagian dari nama-nama teman sekelas di 8J memang aku kenal, tapi ada sebagian yang aku belum kenal atau belum akrab. Tentu saja aku harus beradaptasi lagi dengan teman yang baru. Namun, karena sebagian sudah kenal, maka tidak perlu waktu lama aku dapat akrab dengan mereka. Menurutku, pada saat kelas 8 inilah yang paling bekesan dari pada yang lain. Dengan karakter siswa di kelas yang berbeda-beda, kami tetap bisa bekerja sama dengan baik. Walaupun sering ada adu mulut antar siswa, tetapi hal itu hanya sesaat dan tidak mengganggu kegiatan di kelas. Sebenarnya aku ingin menceritakan beberapa peristiwa, seperti pengerjaan patung “Legend” Lightning Bee (hanya beberapa orang beruntung yang tau), Study Tour ke Bali dan beberapa peristiwa lainnya. Namun, karena sekarang adalah masa Ujian Akhir Semester, maka aku harus lebih fokus belajar dan cerita ini harus kutunda dulu.. Namun, semua peristiwa itu dengan cepat berlalu. Tidak terasa aku sudah harus pindah kelas lagi.

Setelah naik ke kelas 9, aku menempati ruangan kelas 9J. Kali ini siswa dan siswi yang menempati masing-masing kelas sama seperti kelas 7 dulu. Tapi karena pada kelas 8 SNESMA menerima murid pindahan baru maka ada beberapa murid yang harus ”bergeser” kelasnya. Dari kelasku no absen 1 sampai 4 pindah ke kelas 8I dan kelasku menerima 4 orang penggantinya dari kelas 8K. Yaaa kelas 9 masih belum selesai jadi aku tidak dapat bercerita sekarang, tapi mungkin dilain waktu jika sedang tidak malas, aku akan kembali menuliskan kembali pengalamanku menjalani masa Putih Biru di SMP Negeri 1 Magetan. See You Next Time!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Komik, Kartun, Karikatur, dan Cergam

Desaku