Fungsi Website sebagai Media Publikasi Prestasi Mahasiswa di Fakultas Seni Rupa dan Desain

C0719027 Muhammad Fakhrur Rozzi, Penulis Mahasiswa Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain.

A. Latar Belakang
Era digital saat ini mendorong perkembangan teknologi tumbuh semakin pesat. Kini memperoleh informasi bukanlah hal yang sulit dilakukan. Informasi tak hanya bisa diakses melalui media cetak, tetapi juga dapat dengan mudah diakses lewat media digital. Salah satu kemudahan itu adalah lewat sebuah website.

Website telah umum digunakan oleh seseorang atau kelompok atau bahkan oleh lembaga instansi untuk membagikan suatu artikel. Tak terkecuali yang dapat ditemui di website salah satu fakultas yang ada di Universitas Sebelas Maret yaitu website milik Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Sebagai sebuah website fakultas, tentu sudah sewajarnya apabila didalamnya terdapat sebuah rubrik tersendiri yang membahas tentang prestasi yang diperoleh mahasiswanya. Seperti pada website milik Fakultas Seni Rupa dan Desain ini. Namun, apakah pemanfaatan fasilitas ini sudah maksimal atau baru seadanya tentu merupakan tanda tanya yang menarik untuk dikaji lebih lanjut. Sebagaimana yang diketahui bahwa salah satu pertimbangan calon mahasiswa baru dalam memilih tempat kuliah adalah riwayat prestasi mahasiswa sebelumnya. Jika prestasi yang ditampilkan banyak dan jelas, serta dapat diakses dengan mudah tentu saja calon mahasiswa akan lebih mantap untuk mendaftarkan dirinya menuju kampus impian. Selain itu, mahasiswa yang lain pun juga akan lebih bersemangat dalam mengejar prestasi.

B. Tujuan
Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mereview sekaligus memberi masukan kepada staff  IT Fakultas Seni Rupa dan Desain agar senantiasa menyempurnakan website yang sudah ada dan melengkapi informasi yang ada.

C. Pembahasan
Peran website fakultas menjadi penting dalam mempublikasikan apa saja yang terjadi di dalam fakultas. Tak terkecuali membagikan prestasi apa saja yang diperoleh mahasiswanya. Jadi apakah dalam website Fakultas Seni Rupa dan desain sudah membagikan informasi tersebut dengan baik?

Sebagaimana yang dapat ditemukan oleh penulis pada websitenya (diakses pada 7 Februari 2020 pada pukul 09.30), sudah terdapat rubrik yang membahas tentang prestasi mahasiswa. Namun, ketika penulis membuka rubrik tersebut hanya muncul dua artikel, yaitu medali perunggu dalam Lomba Kreativitas dan Penemuan Bidang Pendidikan, Seoul International Invention Fair 2019 oleh Aisyah dan  medali perunggu Lomba Kewirausahaan dan Kreativitas, Asia Youth Innovation Award (AYIA) – Malaysia Technology Expo (MTE) 2019. Kedua artikel merupakan artikel dari tahun yang sama yaitu 2019. Tidak ada artikel lain yang berasal dari tahun-tahun sebelumnya. Lalu, ketika penulis mengakses masing-masing artikel tidak ada keterangan tambahan sebagai penjelas dari lomba apa yang diikuti. Hanya terdapat judul artikel yang berisi perolehan medali, nama perlombaan, acara yang diikuti, nama peserta, serta foto dari para peserta dan sertifikat. Dengan tidak adanya deskripsi yang menjelaskan judul tentu pembaca dibuat bingung. Hal ini sangat kurang lengkap dan kurang menarik. Sebagai perbandingan dalam website milik Fakultas Ilmu Budaya terdapat juga bagian informasi prestasi mahasiswa yang disajikan lengkap dengan deskripsi dan dokumentasi pendukung (artikel). Tentu para pembaca akan dapat memperoleh informasi dengan lengkap jelas dengan artikel yang lengkap seperti ini.

D. Kesimpulan
Jadi, dapat disimpulkan bahwa dalam menjalankan fungsinya sebagai sumber informasi, website Fakultas Seni Rupa dan Desain belum menjalankan fungsinya dengan baik, terutama pada publikasi prestasi mahasiswanya. Diharapkan kedepannya hal ini dapat dibenahi dan disempurnakan agar informasi yang diberikan semakin lengkap dengan harapan mampu menarik lebih banyak calon mahasiswa baru dan juga meningkatkan semangat mahasiswa yang ada untuk terus berprestasi kedepannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Komik, Kartun, Karikatur, dan Cergam

Pengalaman Bersekolah di SMPN 1 Magetan

Desaku